GULA MERAH NON RAPINASI

Apakah Produk Masih Ada?
Teknis Pembayaran Melalui Transper Ke Rekening : Bank BRI 018-501005991539
Lampirkan Bukti Transper Ke admin : WA 081804166008
GULA MERAH NON RAPINASI DESA CIBEUNYING Kecamatan Majenang

Harga Rp21.000,00
Berat: 1 kg
Pengiriman
  • Free Order: Rp21,00

Deskripsi Produk

Proses

 

DESKRIPSI Produk Gula Merah

Keberadaan gula kelapa selama ini adalah identik dengan sebutan gula merah. Akan tetapi pada kenyataannya sejak beberapa tahun belakangan ini di pasaran mulai ada perbedaan antara gula kelapa (asli) atau gula jawa dengan gula merah.

Memang, bahan baku kedua gula tersebut sama, yakni nira, entah itu nira kelapa maupun nira aren atau kawung. Yang membedakan adalah gula kelapa murni hanya dibuat dari nira, sedangkan gula merah bahan bakunya nira dicampur dengan gula pasir atau gula rafinasi.

Keberadaan gula merah ternyata membuat sejumlah perajin gula kelapa, mengeluh, karena kalah bersaing dengan gula merah. Alasannya di pasaran tidak membedakan gula merah dengan gula kelapa. Di lain pihak, penampilan gula merah lebih menarik dibandingkan dengan gula kelapa yang lebih banyak dibuat secara tradisional.

“Bagi masyarakat umum mungkin agak sulit membedakan mana gula kelapa orisinil dengan gula merah yang pembuatannya dicampur gula pasir, rafinasi. Terus terang sejak muncul gula merah, berpengaruh terhadap penjualan gula kelapa,” ungkap Achmad Zani, pengepul gula kelapa di Desa Cibeunying  Kecamatan Majenang

Fitur Produk

Gula Merah 21.000 kg